INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Cegah Demam Berdarah, TP PKK Desa Rowo Laksanakan PSN Serentak

Cegah Demam Berdarah, TP PKK Desa Rowo Laksanakan PSN Serentak

KEBUMEN, PEMDES ROWO – Berdasarkan himbauan dari Dinkes PPKB Kabupaten Kebumen, TP PKK Desa Rowo bersama dengan Bidan Desa melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serentak pada Jumat (26/4/24). Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB dengan berkeliling di wilayah Desa Rowo untuk mengecek bak mandi dan sumber air warga. PSN Serentak menjadi salah satu program Pemerintah Kabupaten Kebumen mengingat sedang maraknya kasus demam berdarah yang terjadi di wilayah Kabupaten Kebumen. Bersumber dari website Pemkab Kebumen, ada sebanyak 86 kasus yang terjadi di wilayah Kebumen. Sebagai informasi, Demam Berdarah (DBD) disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty.

Apa itu PSN? Melansir dari website Dinkes Salatiga, PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M. 3M yang dimaksud terdiri dari :

1. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti :

1. Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

3. Menggunakan kelambu saat tidur.

4. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

5. Menanam tanaman pengusir nyamuk.

6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah supaya tidak gelap dan lembab.

7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain- lain.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter