INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Ramainya Kenduri Selawean di Masjid Nurul Huda

Ramainya Kenduri Selawean di Masjid Nurul Huda

KEBUMEN, PEMDES ROWO – Pada hari Jumat (5/4/24) masyarakat Desa Rowo mengadakan kenduren selawean bertempat di halaman Masjid Nurul Huda. Kenduren selawean dilaksanakan pada bulan Ramadhan hari ke-25 sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat sehat dan kesempatan yang telah diberikan sehingga mampu melaksanakan puasa Ramadhan dengan lancar. Dalam pelaksanaannya, kenduren selawean dahulunya diikuti oleh anak-anak kecil. Namun, seiring berjalannya waktu kenduri selawean diikuti oleh berbagai generasi dari anak kecil hingga orang dewasa juga turut meramaikan kenduri selawean.

Pada pagi hingga siang hari, warga mengumpulkan nasi berkat beserta lauk pauk dari hasil bumi seperti ikan, telur, dan lauk lainnya. Kegiatan ini biasa disebut dengan weton. Nasi dan lauk pauk yang terkumpul nantinya akan dibagikan kembali kepada masyarakat di sore hari ketika kenduri. Tradisi ini sebagai bentuk syukur dan cara untuk berbagi antarwarga agar saling merasakan nikmatnya masakan dari warga lain.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling